4 Perbedaan Aplikasi Video Conference Antara Google Meet Dengan Zoom

Video conference – Di zaman sekarang yang teknologi nya lagi maju majunya, perusahaan, universitas dan tempat education lain nya pasti nya mengambil kesempatan ini dengan menggunakan semaksimal mungkin teknologi zaman sekarang agar negara nya bisa semakin maju. Seperti aplikasi video conference yang sangat membantu dan sangat dibutuhkan saat ini, perusahaan dan sekolah masih sangat bergantung pada aplikasi tersebut. Karena itulah banyak bermunculan aplikasi video conference dengan menawarkan keunggulannya masing-masing.

Zoom populer. Aplikasi ini tiba-tiba menjadi terkenal di masa pandemi Covid-19, padahal sudah lama ada aplikasi video conference lainnya. Misalnya, Google Meet terintegrasi langsung ke akun Google di PC atau laptop melalui browser Chrome atau smartphone.

Namun, kedua aplikasi ini dapat diakses di laptop atau PC atau smartphone. Apakah terdapat perbedaan di antara aplikasi ini? Ya tentu ada, dan Kami telah merangkum beberapa perbedaan antara Google Meet dan Zoom seperti dikutip dari Android Authority.

Ukuran rapat dan kebutuhannya

Google Meet diklaim lebih cocok untuk rapat cepat sedangkan Zoom lebih ditujukan untuk rapat besar. Google Meet mendukung hingga 250 peserta sementara Zoom mendukung hingga 500 peserta.

Meski proses pembuatan ruang rapat sama-sama mudah, namun harus melihat dari sisi fitur dan kapasitas yang lengkap, kedua aplikasi ini terdapat perbedaan jenis rapat atau video conference yang akan di adakan.

Tampilan Antarmuka

Google Meet memiliki antarmuka yang sedikit berantakan dibandingkan dengan Zoom. Pengguna yang sebelum nya belum pernah menggunakannya mungkin akan kebinggungan mencari fitur di antar muka google meet, apalagi pada perangkat yang berukuran layar yang lebih kecil kecil pasti kesusahan dalam mencari fiturnya.

Berbeda dengan Zoom, yang memiliki antarmuka sederhana sehingga dengan sedikit panduan, Anda dapat mengingat lokasi setiap fitur. Maka tidak heran jika pengguna Zoom merasa nyaman dengan aplikasi ini dan menganggap aplikasi lain sulit untuk dipahami.

Durasi dan kemampuan perekaman

Mengenai durasi, Google Meet menyediakan sesi konferensi video hingga 60 menit sementara Zoom hanya 40 menit dan perlu di ingat bahwa kemampuan ini terdapat di dalam versi atau free trial. Dalam versi berbayar fitur ini bisa memakan waktu lebih lama.

Hal yang sama berlaku untuk kemampuan merekam. Saat ini Google Meet disediakan gratis hingga September. Semua fitur termasuk kemampuannya untuk sesi konferensi video atau audio video tersedia gratis, tetapi awalnya dibayar untuk mereka yang berlangganan G Suite.

Berbeda dengan Zoom pada versi gratisnya yang masih menyediakan fitur perekaman berupa video dan audio serta dapat disimpan langsung di perangkat PC atau smartphone yang digunakan.

Harga berlanggan yang berbeda

Video conference

Pada akhirnya, ketika Anda sudah sangat nyaman dengan aplikasi yang Anda gunakan, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil layanan berlangganan mengingat pandemi Covid-19 belum mereda.

Google Meet melalui layanan berlangganan G Suite menawarkan biaya bulanan terendah sebesar USD 10 atau sekitar Rp. 143.550 per bulan untuk setiap pengguna aktif. Paket ini saat ini gratis hingga 30 September 2020 sehingga semua akses fitur imersif masih tersedia.

Zoom sendiri memberikan biaya berlangganan bulanan termurah sebesar USD 16 atau sekitar Rp. 229.680 per bulan. Harganya memang lebih mahal tapi di versi gratisnya saat ini banyak fitur yang sudah bisa diakses dan lebih lengkap dari Google Meet.