5 Makanan Khas Daerah Aceh Yang Wajib Anda Coba Ketika Berpergian Liburan Ke Aceh

Makanan Khas Aceh – Indonesia adalah negeri kepulauan yang  memiliki 34 provinsi dan ribuan pulau dari sabang sampai merauke. Tidak hanya terkenal sebagai negara penyimpan wisata alam terbanyak dan budayanya. Negara yang memiliki ribuan pulau ini ternyata juga menyimpan banyak tempat wisata alam dan kuliner makanan khas.

5 Makanan Khas Daerah Aceh

Aceh adalah sebuah provinsi yang terletak di ujung utara pulau sumatra dengan keberadaan ibu kota yakni banda aceh, dan Aceh juga termasuk sebagai daerah istimewa dengan otonomi khusus. Daerah provinsi aceh ini juga disebut sebagai tempat dimulainya penyebaran agama islam di indonesia pertama kali. selain itu aceh juga memiliki kekayaan akan sumber daya alam yang melimpah salah satunya minyak bumi dan gas alam. tak hanya itu ternyata aceh juga termasuk sebagai daerah yang memiliki makanan khas yang enak, berikut makanan khas daerah aceh yang harus anda coba.

-Mie Aceh

Mi aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh di Indonesia. Mie kuning kental dengan irisan daging sapi, kambing atau seafood (udang dan cumi-cumi) disajikan dalam kuah kari yang gurih dan pedas. Mi aceh biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan dengan emping, irisan bawang merah, timun, dan jeruk nipis.

-Ayam Tangkap

Ayam tangkap merupakan sajian ayam kampung yang digoreng dengan berbagai macam bumbu dan bumbu. Contohnya seperti daun kari, daun pandan, daun temurui atau daun salam koja. Lalu ada juga bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Cita rasa khas ayam tangkap ini berasal dari cabai hijau dan daun temurui yang sudah digoreng kering.

-Sate Matang

Sate matang khas Aceh ini berbahan dasar daging sapi yang memiliki tampilan unik dan sedikit berbeda dengan sate pada umumnya. Jika biasanya sate hanya disajikan dengan saus kacang, sate matang disajikan dengan saus soto matang yang gurih. Daging yang digunakan tidak hanya daging sapi, tetapi juga daging kambing. Sebelum dibakar, daging sapi atau kambing tersebut dilumuri bumbu khas Aceh.

-Martabak Aceh

makananMartabak Aceh tidak memiliki tampilan yang berbeda, telur yang dikocok malah bagian luarnya. Martabak terbuat dari tepung terigu yang dilapisi telur yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran yang telah dipotong kecil-kecil. Umumnya martabak Aceh disajikan dengan acar bawang merah dan cabai rawit.

-Sayur Pliek U

Sayur pliek u atau disebut kuwah pliek u khas Aceh ini sudah mulai langka. Sayur pliek u ini juga menjadi menu wajib di setiap hajatan yang diadakan oleh masyarakat Aceh. Sayur pliek u atau kuwah pliek u adalah sejenis masakan gulai yang terbuat dari berbagai macam sayuran dan rempah-rempah yang dimasak bersama. Pliek u sendiri adalah kelapa yang difermentasi.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea Selatan Yang Di Bilang Aneh