liburan ke jepang

5 Tips Liburan ke Jepang Dengan Budget Rendah Di Tahun 2021

Buat kamu yang sudah punya rencana liburan ke Jepang tahun ini pasti sedih karena gagal liburan karena pandemi. Nah, kamu nggak perlu sedih karena kamu bisa merencanakan liburan ke Jepang tahun depan, saat situasi pandemi sudah membaik.

Saat ini Jepang menjadi salah satu destinasi liburan impian yang berhasil menarik perhatian wisatawan dari berbagai negara. Selain memiliki banyak spot menarik, kuliner dan budaya negeri ini menjadi destinasi wisata. Sayangnya, Jepang identik dengan negara yang mahal. Namun, budget yang terbatas jangan menjadi penghalang untuk berwisata ke Jepang. Yuk simak tips liburan hemat ke Jepang berikut ini.

liburan ke jepang

Booking tiket di jauh hari

Harga tiket pesawat ke Jepang memang tidak bisa dibilang murah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, rajin dan rajinlah berburu tiket pesawat terlebih dahulu. Semakin jauh jarak pencarian tiket dengan jadwal keberangkatan maka akan semakin murah harganya.

Sebaiknya Anda rajin memantau harga tiket pesawat secara online, atau mengecek timeline agen tiket. Biasanya harga tiket pesawat pulang pergi ke Jepang sekitar Rp. 8-10 juta. Jika Anda beruntung memesan tiket terlebih dahulu, Anda bisa mendapatkan tiket seharga Rp. 5 juta untuk tiket pulang pergi. Berapa banyak perbedaan?

Menginap di asrama

Menginap di hostel tentunya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menginap di hotel. Bahkan selisih harganya bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat. Untuk mendapatkan harga terbaik, kami sarankan Anda menyewa hostel selama satu minggu sekaligus. Selain menginap di hostel, Anda juga bisa menginap di warnet atau warnet. Tidak perlu khawatir, karena di Jepang banyak terdapat warnet yang menawarkan harga paket untuk mengakses internet, serta menyediakan fasilitas kamar mandi dan tidur. Harga untuk menyewa akan lebih murah, Dengan 1200 – 2000 yen anda bisa mendapatkan penginapan 1 hari. Namun jika perlu menginap lebih dari 3 hari, mungkin kenyamanan selama menginap akan terganggu karena ruangan yang tidak terlalu besar.

Makan di minimarket

Selain tiket dan penginapan, kebutuhan makan juga cukup untuk menyedot dana saat liburan. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memanfaatkan pilihan makanan bento yang tersedia di minimarket. Selain rasanya yang enak, harganya juga cukup ekonomis, berkisar antara 200-500 yen atau sekitar Rp. 25-55 ribu.

Saat sarapan, Anda juga bisa memilih onigiri. Selain rasanya yang enak dan harganya yang murah, onigiri ini cukup mengenyangkan perut saat berpergian. Saat makan malam, Anda juga bisa memilih makanan di supermarket sebelum waktu tutup, karena biasanya makanan sedang sale tapi kualitasnya tetap bagus.

Gunakan transportasi umum

Biaya transportasi di Jepang bisa dibilang mahal. Misalnya, menggunakan kereta Shinkansen Anda harus merogoh kocek lebih dari Rp 1.000.000 untuk sekali jalan saja. Namun, kereta api adalah moda transportasi paling efisien untuk berkeliling Jepang. Anda bisa membeli Japan Rail Pass untuk berkeliling Jepang dengan biaya yang sangat murah, yaitu sekitar Rp 3.000.000 untuk jangka waktu 7 hari.

Anda bisa naik kereta Japan Railways gratis kemana saja tanpa batas selama kartu masih berlaku.

Temukan tur gratis

Jepang menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam hingga belanja. Tetapi jika Anda ingin menghemat uang, Anda benar-benar dapat bepergian dengan gratis. Beberapa destinasi wisata gratis di Jepang adalah Himawari no Sato, Jalan Shibuya, Asakusa, Harajuku, Taman Ueno, Kuil Meiji, dan lain sebagainya.

Meski gratis, spot-spot ini dijamin bikin feed Instagram keren. Yang pasti, dengan memilih wisata gratis ini, Anda bisa menghemat cukup banyak budget yang bisa dialokasikan untuk mengunjungi tempat wisata incaran Anda, seperti Tokyo Disneyland.

5 tips di atas bisa kamu praktekkan saat liburan ke Jepang. Selain membantu menghemat budget, Anda tetap akan mendapatkan pengalaman traveling yang menyenangkan. Kapan Anda berlibur ke Jepang?

Baca Juga: 6 Objek Wisata Liburan Di jepang Terbaik Wajib Anda Kunjungi!